Air Terjun Silaklak, Kolang - Tapanuli Tengah

Kamis, Oktober 09, 2014 | , , ,


Satu tempat yang layak dikunjungi jika berada di Tapanuli Tengah, Air Terjun Silaklak. Air terjun yang masuk dalam daftar kunjungan wisata Tapanuli Tengah. Tempatnya tidak se-spektakuler air terjun besar di Indonesia, namun Air Terjun Silaklak tetap punya pesona sendiri.






Menuju ke lokasi harus berjalanan sekitar 300 meter dari parkiran kendaraan. Beginilah gambaran jalan yang dilalui. Butuh tenaga lebih tentunya. Sudah cukup rusak dibanding beberapa waktu silam. Dulu ada anak-anak tangga yang mempermudah langkah pada beberapa bagian jalan. Namun karena pengaruh kerja alam dan kurangnya perawatan jadinya tergerus. Satu sisi sebenarnya jalan seperti ini bukan masalah berarti.

Menjadi tantangan sendiri, toh jalurnya masih sangat jelas dan terarah. Hanya saja menjadi sedikit kendala bagi ibu-ibu, anak-anak kecil, atau beberapa tipe orang yang biasa melangkah dengan anggun. Namun, tenang saja. Kerusakan ini tidak akan bertahan lama lagi, pemerintah setempat sudah memiliki rencana sendiri untuk memperbaikinya.




Beginilah akhir dari perjalanan menuju lokasi. Kini saatnya menikmati suguhan alam. Buka bajumu, langsung terjun dari batu besar di sekitar jika punya nyali cukup. Kalau tidak, cebur-ceburan dari batu di sekeliling dan berenang menuju hempasan air terjun juga menyenangkan. Duduk manis ditemani makanan, minuman, serta dendang petikan gitar juga pilihan menarik.




Pemandangan masih sangat hijau karena memang berada di tengah hutan. Hanya warna batu yang ikut menemani. Jika memiliki waktu dan tenaga lebih ditambah jiwa mendaki yang kuat, sempatkan menaklukkan tebing batu hingga puncak. Namun tetap memperhatikan keselamatan. Tempat ini benar-benar didominasi oleh bebatuan.


Lokasi Air Terjun Silaklak berjarak 16 Km dari pusat Kota Sibolga, atau 26 Km dari Pandan sebagai Ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah. Aksesnya terbilang mudah. Dari jalan lintas Sibolga-Barus tepat di KM 16 Kecamatan Kolang, ada persimpangan kecil menuju air terjun. Hanya berjarak 50 meter ke parkiran kendaraan dari jalan raya. Sisanya tinggal menaiki anak tangga.
Wanna try?


Koordinat Lokasi : 1o 50' 13'' N, 98o 42' 13'' E

0 komentar:

Posting Komentar