Tangga Seratus, Sibolga - Kota Sibolga

Jumat, Oktober 03, 2014 | , ,

It Starts Here

Mengunjungi satu kota rasanya belum lengkap jika tidak mendatangi tempat-tempat yang menjadi ikon atau tujuan khas kota tersebut. Tujuan bisa bervariasi. Bisa alam, bangunan, kuliner atau peninggalan sejarah. Ada yang dapat dinikmati dengan duduk manis dan santai, tapi tidak jarang kenikmatan jalan-jalan ada pada nilai berlelah-lelah alias petualangannya. Kali ini satu yang tidak boleh dilewatkan dari Wisata Kota Sibolga adalah Tangga Seratus.
Menggunakan angka seratus sebenarnya tidak benar-benar menyatakan bahwa anak tangganya tepat seratus. Awalnya jumlah anak tangganya sekitar 300. Lebih detail ada yang mengatakan tepat 298 anak tangga, namun pada awal tahun 2000-an dilakukan renovasi dengan menambah panjang, tinggi dan lika-liku Tangga Seratus ini. Tentunya semakin seru karena langkah kaki semakin menjulang ke atas punggung bukit. Bagi yang suka daki-mendaki tangga, tidak salah menjajal tantangan ini. Namun pastikan pengaturan nafas dan kaki yang benar-benar siap. Karena bisa dipastikan jika telah maju tidak mungkin mundur lagi. Siap...



Tangga Seratus merupakan peninggalan sejak zaman kolonial Belanda. Sebenarnya cukup banyak peninggalan-peninggalan sejenis, namun ukurannya kecil dan tidak terlalu terawat. Tinggi ke 298 anak tangga sekitar 100-an meter. Ini yang benar-benar bawaan dari sononya. Sehingga tidak heran hampir tidak ditemukan kerusakan pada anak-anak tangganya. Kuat sekali meski telah berumur lebih dari 100 tahun. Berbeda dengan anak-anak tangga yang ditambah, masih berumur setahun dua tahun sudah mengalami kerusakan parah.






Apa saja yang bisa dinikmati di tempat ini? Sebelum direnovasi memang tidak terlalu banyak yang bisa dinikmati selain wujud aslinya. Kini, sudah jauh lebih baik. Pada beberapa level tinggi sudah ada pemberhentian (checkpoint) dengan tata yang nyaman untuk duduk santai dan memandang kota dan jauh ke laut lepas. Pada salah satu level puncak juga terdapat benteng peninggalan Belanda, gua, penjara dan saluran air. Sayang, aksesnya sangat dibatasi. Bahkan belum pernah ada ilmuwan yang secara khusus meneliti dan mengobservasi tempat ini dengan mendalam. Tertarik?

Masyarakat setempat biasa berolahraga dengan menaiki tangga ini. Manfaatnya sangat terasa. Meski berada di tengah kota, kualitas udara tetap sangat baik. Tidak jarang atlet lokal juga memanfaatkan fasilitas ini untuk mengasah kemampuan fisiknya.

View Dari Puncak
City and Sea View

Terus melangkah hingga ke puncak tertinggi mata akan dimanjakan dengan hutan yang masih cukup lebat di sisi kiri dan kanan. Kita tidak akan menyangka sedang berada pada posisi yang jauh di atas permukaan laut.
Akhir dari perjalanan kita dapat memandang lebih jauh ke tengah samudera. Panorama alam, pulau-pulau di Teluk Sibolga atau Teluk Tapian Nauli, mengamati jalanan serta tata ruang kota. Just check this one out!
Sebagai informasi, setelah menaiki tangga ini boleh memilih ingin turun dari tempat yang sama atau dari sisi sebelah lagi. Pasca penambahan fasilitas sudah lebih variatif. Termasuk rute turun. Aku lebih merekomendasikan turun dari jalan yang tidak sama. Sekalian jelajahi semua.

Dilihat dari Tengah Laut

Akses menuju Tangga Seratus tidak perlu dipertanyakan. Berada di pusat Kota Sibolga. Tutup mata juga tidak akan tersesat karena begitu mudah.
Pintu masuk objek wisata Tangga Seratus terletak tepat di persimpangan Jalan Brigjen Katamso dengan Jalan Sisingamangaraja. Jika bingung dengan nama itu maka sebut saja pintu masuk Tangga Seratus di depan Bank Mega atau Bank BRI Kota Sibolga. So easy. Selanjutnya, Enjoy the Show.


Koordinat Lokasi :  1o 44' 32'' N, 98o 46' 49'' E

0 komentar:

Posting Komentar